Subtype & Domain membuat geodatabase menjadi lebih mudah


Subtype dan Domain merupakan geodatabase functionality yang memudahkan user dalam membuat database. Karena merupakan fungsionalitas dari geodatabase maka subtype dan domain hanya bisa dilaksanakan dalam skema geodatabase. Ini juga yang menjadikan gdb spesial dibanding penyimpanan stand-alone seperti biasa (file based). Subtype & Domain memberikan kemudahan dalam memasukan nilai atribut data. Analoginya mungkin seperti form survey lapangan yang biasa kita isi manual kolom per kolom ditransformasi menjadi form digital. Form digital memberikan kemudahan baik dalam cara mengisi maupun cara penyimpanannya.

Apa itu Domain?

Domain itu seperti list. Drop down list. Dimana di dalamnya terdapat nilai-nilai yang sudah ditetapkan. Apabila kita mengedit atau menambahkan feature baru dalam satu feature class maka kita dapat memberikan value di kolom atribut dengan cara memilih daftar yang telah tersedia. Nilai yang ada di daftar tersebut sudah ditentukan sebelumnya.

Ada dua jenis tipe domain value

  1. Coded Value Domain
  2. Range Value Domain

Coded value, nilainya kita tentukan secara satu per satu. Value tersebut berformat text/ string. Coded value tidak memiliki batasan format data. Segala format data bisa dipakai. Misalkan kolom atribut Tipe Rumah, maka coded value nya dapat berupa;

     Tipe Rumah

  • Tipe 21
  • Tipe 17
  • Tipe 46

Jenis lainnya, range value, yaitu nilai dalam dalam suatu rentang tertentu. Misalkan kolom atribut tanggal keberangkatan dan pulang pesawat, atau rentang kelembapan suatu tempat, atau rentang tekanan suatu pipa.

Tekanan Pipa

  • 10mm – 12mm
  • 13mm – 15mm
  • 16mm – 17mm

Apabila kita memasukan nilai diluar rentang yang kita tentukan di suatu kolom tertentu maka data tersebut invalid dan harus diulang.

Gunanya Domain?

Domain sangat berguna untuk mempertahankan integrasi data. Data yang diinput oleh user tidak akan dilingkupi oleh kesalahan ejaan, typo, atau semacamnya. Dikarenakan saat memasukkan data user tidak mengetik melainkan memilih sehingga data tersebut akan tetap terjaga kebenarannya. Tidak ada nilai yang diluar pilihan yang disediakan.

Domain pun sangat berguna bagi aplikasi berbasis mobile. Aplikasi mobile memiliki prinsip “Mudah dan Cepat”. Saat user sedang mengambil data di lapangan, skema form yang disediakan tidak akan jauh lebih mudah jika harus mengisikan kolom isian dengan cara mengetik. Mungkin tidak menjadi masalah jika kata per katanya sedikit, namun jika frekuensi pekerjaan sangatlah sering ini akan menyebabkan rentan akan kesalahan. Selain cara pengambilan yang terbantu, data pun terselamatkan keutuhannya.

Apa itu Subtype?

Subtype merupakan bagian dari suatu feature dalam feature class, atau bagian dari suatu record dalam tabel. Sebagai contoh, kita punya data jalan dimana nilai atributnya terdiri dari Local street, Main street, dan Highways. Kita dapat membuat subtype berdasarkan nilai tersebut. Subtype tersebut kemudian dapat digunakan untuk mendefiniskan default value untuk kolom atribut lainnya. Misal saya punya kolom lain yang berisi informasi speed limit saya bisa mengisikan kolom ini berdasarkan subtype yang dipilih.

Dikarenakan subtype harus bertipe integer (baik short maupun long integer), saya misalkan :

  • 1 untuk Local Street
  • 2 untuk Main Street
  • 3 untuk Highways

Apabila kita memilih 1 di kolom subtype maka akan memberi nilai 25 km/jam pada kolom speed limit. Jika saya pilih 2 pada subtype maka akan memberi nilai 35 km/jam pada speed limit, begitu pula 3 untuk speed limit 65 km/jam. Hal tersebut bisa dilakukan jika kita membuat subtype dan mengkonfigurasi default values berbasiskan subtype.

Gunanya Subtype?

Subtype sangat memudahkan jika kita sedang mengisi data dimana satu nilai data membuka cabang baru dari nilai-nilai lainnya. Dengan men-set satu nilai saja, nilai yang lain sudah bisa ter-assign secara otomatis. Subtype juga berguna dalam penyimpanan data bertingkat. Selain itu subtype mengurangi adanya penambahan data pada jenis yang sama.

Baik subtype maupun doimain dapat digunakan bersamaan sehingga memberikan kemudahan maksimal dalam penginputan data kita. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s