3 Langkah Membatasi Media Sosial


Facebook, path, twitter, pinterest, google+, instagram, linkeid . Itu semua media sosial (medsos). Media yang dibuat untuk menghubungkan orang dengan orang lainnya. Tempat kita sebagai insan sosial membangun komunitas bersilaturahmi. Baik ya tujuannya. Kita bersama pun sudah merasakan kehebatan manfaatnya paling tidak untuk 3 tahun ke belakang. Bercanda dengan teman, selalu update kabar terbaru, berita, aksi sosial, undangan pernikahan dan bahkan munculnya pasangan-pasangan baru dari sana.

Medsos terasa menjadi candu. Dalam setiap hari haruslah sekali mengintip ke halaman itu. Sampai point ini kamu sudah dalam tahap akut. Selain memberikan banyak manfaat medsos juga membawa banyak keburukan (jika kita tidak bisa mengaturnya). Masalah utama yang ditimbulkan diantaranya.

Depresi diri,
Kita selalu melihat kabar teman kita melalui medsos. Saat melihat teman kita yang telah melakukan banyak hal dan ‘terlihat’ hebat dan mengasyikkan ini bisa berakibat depresi bagi sebagian orang. Saat melihat teman lalu (biasanya dan normalnya) kita bandingkan dengan diri kita sendiri yang tidak banyak berubah. Timbulah rasa bersalah hingga lebih buruknya hingga hilang kepercayaan diri.

Melihat tinggi orang lain
Melihat kabar teman-teman kita dengan segala aktivitasnya di medsos dapat berujung bencana jika, kita tidak kuat-kuat mental. Semuanya seakan indah, bahagia, dan santai. Stop right there. Yang kamu lihat adalah sebagian kecil dari kegiatan mereka. Lebih tepatnya sebagian kecil kegiatan asik mereka. Tidak banyak yang menonjolkan kegiatan susahnya. So, dont too much judge yourself. Memang ada sebagian orang yang senang berbagi kebahagiaan dan ada juga yang memilih untuk diam dan tidak menonjol.  Mereka pun merasakan hal yang sama jika melihat update aktivitas kamu. They envy. Trust me.

Hilangnya Waktu
Ini masalah utama saat kita melihat medsos. Direncanakan hanya 5-10 menit lihat-lihat taunya habis sudah 2 jam scroll sana sini, lihat dan komen sana-sini. Waktu seperti ini hilang. Lebih tepatnya terbakar. Terbakarnya waktu bukanlah hal yang murah sodara-sodara. Bayangkan dengan waktu 1 atau 2 jam kita bisa melakukan hal manfaat lainnya. Dengan 1 jam kita bisa mengecek ulang pekerjaan kita, catch up daily digest, balas email-email pekerjaan atau bahkan olahraga kecil yang menyehatkan.

Untuk menghindari hal ini, saya punya 3 tips sederhana. I found it’s useful and works fit for me, maybe you can feel it too.

1. Buat kontrol diri
Buat Commitment Agreement dengan diri kamu. Kamu bisa melihat medsos dengan term & condition tertentu. Kalau saya suka mengakalinya dengan membatasi kunjungan hanya beberapa waktu. Biasanya saat weekend. Itu pun tidak setiap weekend. Mula-mulanya ini karena medsos sudah terlihat membosankan sehingga saya jadi jarang berkunjung. Namun ada saat-saatnya medsos rame lagi dan berlaku lagi ketiga petaka di atas. Saat saya beralih untuk melihat di waktu-waktu tertentu, bukan hanya menjadi hemat waktu, ini juga membuat hilangnya rasa bersalah (guilty feeling) setelah melihat update aktivitas teman-teman.

2. Cari alih perhatian
Dengan mencari kesibukkan lainnya kita bisa mengurangi intensitas kunjungan medsos. Alih perhatian bisa berupa surfing ke halaman lain yang memberikan manfaat lebih seperti situs berita, inspiration article, update teknologi yang kita minati, dan lainnya. Ini terbukti mengurangi habis kunjungan medsos.

3. Times is a success key
Dengan mengurangi waktu kita sedikit demi sedikit untuk medsos kita dapat memanage lebih baik hidup kita. Sebenarnya tidak ada kata mengurangi waktu, yang lebih tepat adalah mentransfer waktu menjadi kegiatan lainnya. Waktu menjadi sangat mahal jika kita memiliki banyak tugas dan kesibukan.

Selamat beraktifitas dan mengatur waktu menjadi pribadi yang lebih baik.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s