Belajar


Terhitung sudah 18 tahun lebih saya terus belajar. Baik di pendidikan formal maupun non-formal. Belajar memang harus sedikit demi sedikit. Bertahap tidak langsung saja meloncat jauh ke tingkat yang tinggi. Belajar juga ga boleh cepat-cepat, kalau belajar hal baru dalam tempo singkat, singkat pula lupanya. Namun bukan berarti harus lama, kalau kelamaan kita jadi bosan dengan pelajarannya.

Ternyata belajar itu ada tekniknya. Teknik yang paling bagus adalah melihat karakteristik masing-masing kita dalam mencerna ilmu. Jadi mungkin di setiap individu memiliki cara yang khusus dalam belajar dan memang unik. Saya sendiri kalau mau fokus belajar harus terhindar dari segala gangguan yang bisa membuat fokus hilang. Karena melihat dari banyak diskusi, masalah terberat generasi era 2000 adalah sulitnya mahasiswa untuk fokus. Sangat mudah teralihkan.

Bagi saya, fokus 5 menit sudah cukup dapat paham akan maksud dan tujuan yang sedang dibahas. And that’s really precious. Dibandingkan dengan 30 menit membaca di dalam keramaian, mungkin tidak masuk-masuk apa yang dibaca, paragrafnya balik balik lagi itu yang dibaca. Lebih baik mengorbankan 5 menit fokus, dan 25 menit main-main daripada 30 menit main-main dengan was-was tidak dapat apa-apa.

One thought on “Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s