Create


Tahukah kamu ternyata membuat itu suatu yang tidak mudah. Membuat baju, membuat buku, membuat roti, membuat handphone, membuat peta, membuat mobil. Itu semua tidak mudah, begitu pula membuat tulisan atau membuat pekerjaan.

Banyak faktor yang harus direncanakan ketika hendak membuat sesuatu. Faktor sumber daya, skill, kompetensi, waktu, dan biaya. Saat kita mau membuat roti contohnya, pertama kita  takar dulu bahannya apa saja, apakah tersedia, berapa besar biayanya serta cara membuatnya. Kemudian baru kita berpikir, apa saya punya skill tersebut? Apabila semua ok, ternyata tidak bisa langsung jalan. Di tengah kita berpikir, siapa yang akan memakan roti ini? Apa mereka mau memakan roti ini? Sebegitu enaknya kah roti ini sampai mereka meninggalkan roti yang lain?

Ya begitulah pikiran kita. Kita selalu punya sejuta analisis beserta anak dan cucunya dalam melakukan sesuatu. Banyak petuah yang menyarankan, Just Do it. Lakukan saja, jangan banyak mikir. Benar sekali. Tapi tidak sepenuhnya benar. Saat kita membuat tanpa analisis sikon (sdm,skill,biaya,pasar) kita hanya akan membuat suatu yang tidak nyata. Berhasil. Hanya tidak maksimal.

Menurut saya yang lebih tepat adalah Just Do it (..and make sure it’s perfect). Dengan begitulah kita berbuat dengan bertanggung jawab. Happy weekend

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s