Kultum di Siang hari


Berbeda dengan kultum biasanya, yang biasanya subuh hari atau menjelang magrib saat buka puasa, kultum ini dilakukan saat setelah solat Dzuhur. Sedikit kaget melihat pak ustadz yang memberi salam saat jamaah sedang diam berdoa tepat sesaat salam.

Kultum kali ini membahas takdir. Takdir itu ada 2. Takdir yang tidak bisa manusia ikut campur dalam terjadinya dan takdir yang manusia bisa ikut campur dalam terjadinya. Takdir jenis pertama seperti apa? Kita lihat hujan turun, manusia jelas tidak bisa ikut campur tangan apa-apa dengan takdir itu. Matahari terbit, manusia tidak bisa mencegah atau mengubah terbitnya matahari. Begitu pula angin berhembus, bumi berotasi berevolusi dan banyak yang lainnya. Manusia tidak bisa campur tangan di dalamnya karena takdir tersebut bertujuan untuk segala mahluk yang Allah ciptakan, tidak hanya manusia.

Takdir jenis yang kedua adalah takdir yang bisa dicampuri oleh manusia, contohnya pekerjaan. Kita sudah susah payah roling depan roling belakang kanan kiri langsung kayang dan hasilnya tetap masalah kerjaan kita tetap tidak terselesaikan itu merupakan takdir. Apabila kita bsesusah payah dan hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan, kita harus tetap menerima hal tersebut sebagai takdir. Berbeda dengan umat lainnya yang setelah mereka frustasi dengan kegiatannya, mudah saja hilangkan dengan minum minuman keras, clubbing, drugs yang menghilangkan semua pikiran. Kita berbeda. Kita punya iman yang percaya bahwa ini semua adalah Dia yang mengatur, dan memang sudah direncanakan. It’s all beauty simply planned.

Begitulah kira-kira isinya.

2 thoughts on “Kultum di Siang hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s