Banjir Ga Banjir Asal Ga Ngeluh


Kalau kita lihat siaran tv hari ini semua dipenuhi dengan kondisi ibukota yang sedang kebanjiran. Apalagi kalau kita lihat twitternya @TMCpoldametro.  Tidak hanya di ibukota saja dan tidak hanya hari ini. Sepertinya ini menjadi proker besar Indonesia (kalau bahasa LSS nya agenda badag na Indonesia). Kalau kita sudah menginjak tahun baru kita merayakan dengan kembang api dan di belakang kita pun segera siap siap karet pelampung dan warga sigap pindah ke lantai atas rumahnya. Tidak hanya di Jakarta sayangnya, hampir di semua wilayah Indonesia awal tahun merupakan musim hujan. Rata semua. Seperti yang kita lihat di Manado beberapa hari lalu, banjir yang sangat besar hingga rumah terbawa dan mobil tertumpuk-tumpuk.

Di Bandung pun serupa, hampir tidak ada satu jam full teng yang tidak hujan. Hujan all day. Mau jalan kemana-mana pun menjadi kesulitan bagi para pengendara motor maupun angkutan umum. Bukan karena kebasahan kalau sedang hujan, karena bisa diatasi oleh payung, tapi lebih gawat lagi. Saat hujan jalan raya berubah menjadi sungai wisata arum jeram (Nice! tinggal adain mang2 calo nyiapin dayung).

Hal itu sudah biasa. Kan? Betul sekali saudara. Hal itu sudah menjadi kerutinan namanya juga agenda badag. Lalu kenapa masih saja kita mengeluh? Saya selalu mendengar di setiap sudut tongkrongan, di setiap warung dan di setiap pembicaraan. Apabila obrolan sudah menjurus ke hujan dan banjir isinya tak lain adalah saran dan kritik. Bagus ya kalau membangun, hanya sayang sekali karena isinya tidak membangun dan tidak ada  tindak lanjut apa-apa dari obrolan itu sehingga terkesan keluhan yang keluar.

Mending seyum daripada ngeluh 
Kalau kita mendapati teman dan kerabat dan partner dan siapapun disana memulai topik hujan dan banjir. Waspada sodara-sodara! Jangan terlibat pada gerakan ngeluh nasional. Watch Out. You’ve been watch !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s