Menampilkan Google Maps dalam Media Online


Screen Shot 2013-09-24 at 4.28.22 PM

Sekarang informasi spasial tidak hanya dibutuhkan oleh geoscientist dalam pembuatan peta. Peta dibutuhkan hampir oleh setiap orang. Setiap orang memiliki kebutuhan informasi untuk tahu lokasi dimana dia berada atau pun kemana dia menuju. Peta juga sudah banyak sekali dipakai untuk menunjukkan lokasi tempat acara (conference, seminar, undangan) tempat kerja, maupun tempat usaha. Adanya apps mapping juga membantu kita untuk lebih aware informasi spasial seperti Sygic dan Waze apps yang selalu memberitahu kita dimana lokasi yang mau dituju, arah jalan yang paling asik dilalui, apakah jalan favorit kita sedang macet, sampai kita bisa lihat spotting pak polisi yang lagi asik ngedanus.

Rasanya sudah ga jaman lagi menuliskan alamat rumah/ kantor/ usaha/ job site dengan tulisan latin biasa. Kita sudah terbiasa untuk melihat ruang dan membayangkan konteks satu objek dengan objek lainnya. Oleh karena itu, kita tahu penambahan informasi peta memang sangat dibutuhkan. Suatu saat kita mau membuat informasi lokasi jangan ‘kagok’ untuk melampirkan peta.  Apalagi dengan hadirnya media online memberikan peluang besar bagi semua orang untuk melihat informasi yang kita ingin berikan.

Lalu, bagaimana caranya sih buat masukin peta ke dalam website kita ? 

Coba kita ambil contoh google maps. Google memberikan akses kepada kita semua untuk memakai map services mereka. Google maps yang biasa setiap waktu kamu akses lewat map.google.com , bisa kamu ambil untuk ditempelkan di media online kamu. Google menyediakan akses tersebut dengan sebuah kunci, yaitu API. API (Application Programming Interface) merupakan sebuah gerbang yang mengatur interaksi antara satu services dengan service lainnya.

Untuk menggunakan google maps kamu harus memiliki API dengan register di google developer.

API maps ada 2 jenis:

1. A Map Image API

API ini diperuntukan untuk media yang menonaktifkan javascriptnya(Js) sehingga media ini mengambil peta dalam keadaan statis. Layaknya seperti kamu meng-attach gambar peta rumah kamu. Tidak ada interaksi zooming, marking, dsb.

2. A Map Javascript API

API ini diperuntukan untuk media dengan Js aktif. Dengan tambahan js website memiliki lebih powerful karena peta bersifat dinamis layaknya kita berinteraksi di google map.

Map image API tidak lah lebih buruk dari Map Js API, karena keduanya saling melengkapi. Disaat ada user yang memang sengaja mematikan Js untuk alasan performance, maka Map Image API membackup peta menampilkan image statis.

Untuk mendapatkan API, ikuti langkah ini:

  1. Masuk ke dalam developers.googl.com/maps
  2. Klik Document dibawah sub Map. Halaman itu berisi tentang dokumentasi dari awal hingga akhir tentang tata cara pengguanaan API.  Disana diterangkan bahwa untuk menggunakannya kamu harus memiliki API key.
  3. API Key bisa kamu miliki di API Console.
  4. Di sebelah kanan ada windows, tertuliskan ‘Create Project‘. Klik disana untuk memulai. Setelah itu klik Tab Services di sebelah kiri windows.
  5. Pastikan Google Maps API v3 dalam keadaan ON. Screen Shot 2013-09-24 at 4.20.34 PM
  6. Klik Tab API Access , di dalam Kotak Simple API Access klik ‘Create new Browser Key’ untuk mendapatkan API Key.
  7. Kamu akan mendapatkan Google API Key.

Sampai disini kamu telah mendapatkan API Key yang dapat digunakan di seluruh services yang google sediakan. Tidak hanya maps, kamu juga menggunakan API key itu untuk sharing data Cloud Platform, Membuat Games, Membuat Google TV apps, Memantau traffic media online kamu, dan membuat android apps.

Tahap selanjutnya, yaitu mensisipkan peta dalam media online kita dengan menggunakan API Key, ditunggu ya.

4 thoughts on “Menampilkan Google Maps dalam Media Online

  1. Saya belum pernah belajar GIS
    Saya mau tanya,,
    GIS itu harus menggunakan peta dinamis ya?
    Google map termasuk peta dinamis atau statis?
    Kalau kita ingin membangun aplikasi pencarian rute terpendek tapi tidak menggunakan GIS, peta ststis yang bisa digunakan contohnya apa?

    terimakasih

    Like

    • GIS itu sistem informasi. Seperti sistem yang lain komponennya kompleks di dalamnya, tapi mudah dimengerti. Bisa dinamis dan statis. Semua sistem informasi dinamis karena data dapat diubah seiring waktu.

      Untuk buat rute terpendek (metode jikstra) lebih baik menggunakan peta statis dan kemudian bisa diaplikasikan ke peta dinamis seperti di web gis.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s