Berjamaah menunggu IOS 7 Release


Setelah mengumumkan inovasi kuartal ketiganya pada 12 September kemarin, Apple mengeluarkan sistem operasi ponsel terbarunya IOS7 yang direncanakan pada hari ini, 18 September 2013. Indonesia  mendapat giliran tepat jam 00.00 waktu setempat yang kebetulan tepat malam ini, kurang dari 2 jam lagi. Semua apple fans pun antusias dengan penungguan ini. Memang  setiap negara diberikan waktu release masing-masing IOS7 in. Menurut saya Ini merupakan salah satu taktik jitu apple dalam memasarkan produknya, dengan memberikan waktu release yang berbeda para fans di seluruh dunia akan saling memberikan info tentang kehadirannya dan di bumi belahan lainnya akan semakin ga sabar saat mendengarnya. Selain itu, jadwal release yang berbeda pun memberikan kelebihan safety bagi server apple agar tidak down saat pengunduhan berjamaah perdana.

Diluar itu semua, saya sebenarnya bukan fans berat apple hanya sebagai pengguna dan pengembang. Yang menjadi menarik bagi saya adalah user interface ios7 yang jauh berbeda dari ios6. Kita semua sudah melihat  ios7 beta tester yang dilaunch 2 bulan yang lalu dengan reaksi mayoritas buruk. Semua pihak mencaci maki desain visual ios7 seakan ga sudi kalau barang idolanya mereka ‘dirusak’ dengan tampilan yang menusuk mata.

Ejekan pun ditujukan sangat deras pada  Jony Ive, desainer utama ios7. Mereka mengkritisi tentang aliran desain yang dipilih dalam ios7, ejekan nya memang sudah terlalu berlebihan ditambah dengan adanya akun tumblr ‘Jony Ive Redesign Things’  sebagai sindiran kepada Jony.

Jony Ive Redesign

Kembali ke pada interface. Bisa dilihat aliran yang digunakan Jony dalam redesign ios sesuai dengan aliran flat design. Flat design yang mengandung unsur simplycity dan straight to the function diyakini merupakan trend desain masa depan. Berbeda sekali  pada ios sebelumnya yang menggunakan aliran skeu.

Apa perbedaan skeu dan flat desain?
Skeu atau skeumorphism dan flat design merupakan dua mazhab terbesar dalam desain interface saat ini. Flat desain stand out dengan ciri simplycity dan warna solid nya sedangkan Skeu desain tercirikan dengan visual yang mirip dengan bentuk asli pada dunia nyata yang sebenarnya tidak menambahkan sifat fungsional pada desain. 

Untuk lebih jelasnya, saya sangat suka artikel mendalam oleh Sacha Greif tentang pegulatan antara kedua mazhab besar ini, “The Battle of Flat Design & Skeumorphism”. Desain ios7 yang kini akan direlease sesuai dengan aliran flat dengan warna terang dan gradasi. Saya sepakat dengan dihilangkannya gaya skeu dalam interface dan digantikan oleh flat,  hanya saja warna dan visual icon dalam ios7 yang terkesan dangkal perlu dibenahi.

Terlepas dari itu semua, saya yakin apple bersama tim Jony Ive sudah melakukan riset yang mendalam kepada seluruh costumer beserta semua kalangan desainer dan developer. Apapun yang dini hari nanti dikeluarkan akan menjadi konsumsi publik bersama. Kita bersama nikmati dan kiritsi bagaimana sistem ios7, visual interface, dan  kenyamanannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s