Land Use and Land Cover Change


Kemarin-kemarin memang sedang sedikit hektik untuk menyiapkan tugas presentasi. Ya salah satunya presentasi tentang Perubahan Guna Lahan dan  Tutupan Lahan ( Land Use and Land Cover Change). Sebenernya ga terlalu hektik juga sih, hanya memang saya rasa ini presentasi ini harus serius (karena kelompok sebelumnya distop di tengah2 karena ga jelas neranginnya, waw). Dosen juga mengatakan presentasi ini sebagai pengganti uts, entah apakah doi lupa atau engga, ntar jangan jangan tetep ada uts. hazet

Disini dibahas perubahan guna lahan, yang menjadi objek utama yang akan dimodelkan, ternyata memiliki kaitan erat dengan perubahan tutupan lahan. Baik perubahan guna maupun tutupan dapat saling menjadi sebab dan akibat, perubahan tutupan lahan bisa merubah perubahan guna lahan, begitu pula perubahan guna lahan bisa merubah tutupan lahan. Referensi yang digunakan adalah Land Use Modelling, Eric F. Lam, pada buku Enviromental Modelling dan Analysis of Land Use Change oleh Helen Brassoulis, Ph.D. Kedua referensi ini memang sudah sangat lazim digunakan dalam pembahasan land use dan land cover  karena menyajikan kajian mendalam dari berbagai definisi, teori hingga pendekatan model yang dipakai.

Pada saat presentasi, ga selancar yang dibayangkan, semua kata per kata dibahas, diperdebatkan dan setiap argumen ditantang untuk dipatahkan. Di kelas tidak hanya peserta kelas dan dosen, juga ada penguji yang setia bertanya dan memberikan tanggapan mengesalkan. Haeerk pisan kalau nginget perasaan pas di kelas, saya jadi tau rasanya sidang argumen. Tidak ubahnya seperti sidang sarjana hanya ini lebih njelimet dan muter2. Definisi yang penting. Pemahaman yang tepat menuntun metoda yang tepat. Yeah, i got the feeling.

Tujuan akhir pembahasan ini adalah untuk melihat kekompleksitasan masalah LULC dan menyederhakannya. Itulah hakikat pemodelah, menyederhanakan permasalahan pada real world. Penyebab utama perubahan LULC ada 2 ; Faktor Biofisik (nature) dan Faktor Sosio-Ekonomi (social). Dari kedua penyebab utama itulah muncul berbagai cabang faktor pendukung perubahan LULC, yang disebut  Driving Forces. Dengan kaitannya dengan Perubahan Iklim Global (Climate Change) entitas penyebabnya adalah Land Cover Change, namun yang menyebabkan LCC adalah Land Use Change, dan faktor pendukung LUC adalah Driving Forces.

Mungkin seperti itu summary nya. Lebih jelasnya bisa dilihat di buku referensi nya atau di slide yang saya buat. Yap, bagi temen-temen yang mau tau atau kebetulan lagi belajar ini. Terbuka untuk diskusi, tinggal comment aja di bawah ini.

Kelas : Pemodelan Geografi
Sub bahasan: Land Use & Land Cover Change. Complexity and Simplicity.
Sekalian saya mau berbagi, saya attach presentasinya dalam pdf.

[Brassoulis]2 Land Use Change Modelling

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s