Membaca, Melihat, Mendengar, Memahami


Setelah melihat beberapa tulisan teman-teman, saya spontan ingin menulis sedikit pendapat. Sangat senang melihat orang-orang menulis pemikiran mereka. Kalau saya melihat tulisan bebas (free article) dari berbagai sumber, baik perseorangan maupun lembaga, saya senang karena bahasa yang terlontar adalah bahasa keseharian; santai dan mengalir. Unik melihat salah satu tulisan yang memang mengungkapkan perasaannya, tertawa kecil melihat kekonyolan perilaku bodoh yang dilakukan, dan sedikit mengerutkan dahi saat pembahasan berat mendalam. Overall, saya suka dengan orang yang suka menulis. Apapun.

Membaca dapat kita lakukan, kapanpun, dimanapun. Apakah mendengar pun? ya, jelas setiap waktu kita mendengar. Mendengar orang berbicara kepada kita, kepada orang lain, kepada khalayak besar, mendengar keriuhan lalu lintas dan banyak lagi. Yang istimewa adalah, apakah semua layak untuk masuk ke pendengaran kita?
Suatu jumat, saya mendengar ceramah yang menyinggung sedikit tentang dunia hiburan indonesia. Untuk menjaga kemurnian pandangannya beliau membatasi segala yang masuk termasuk apa yang beliau dengar. Beliau hanya meng-acc suara yang berkualitas tidak lain karena ingin menjaga hatinya tetap berkualitas. Acara hiburan seperti ‘dahsyat’ dan teman-temannya tidak masuk dalam kualifikasi. Dibuang

Mungkin ada benarnya, untuk menyaring apa yang harus kita dengar. Juga melihat. Saring apa yang butuh kita lihat dan yang harus kita lihat. Tetapi jangan sampai skeptis nya kita terhadap peradaban membuat kita hilang informasi sebagai ilmu tambahan kita.

Setelah jelas apa yang dibaca, dilihat, dan didengar, maka pahami🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s