Perjalanan, belum ini belum berakhir.


Allhamdulillah, saya masih bisa menghirup udara segar pagi hari tadi dan menikmati indahnya bulan pada malam ini. Banyak sekali yang telah dijalani saat liburan ini ya. Apakah kamu merasakan hal yang sama? Mungkin tidak banyak tempat yang dijelajahi namun pikiran dan pemahaman jauh berkelana ke alam sana. Semoga perjalanan jiwa dapat memperkuat kedewasaan dan berujung ibadah.

Teringat kalkulator memaksa untuk memakai dirinya. Saat itu 29 Desember 2011, ya 3 hari sebelum 2011 berganti. Kerja Praktik menyibukkan diri saya hingga kegiatan lainpun seakan tidak diberikan sedikit shaf untuk merapat. Tiga hari itu memaksa saya untuk lebih keras mengerjakan laporan. Mau tidak mau target sudah dituliskan. Detik pun menjadi barang yang sangat berharga. Lengah sedikit hilang waktu tertelan pikiran melayang. Tetapi ada hal yang lebih mengganjal daripada laporan. Mundur lebih ke belakang, dituliskan kompetisi essay pemuda membangung bangsa harus diikuti harga mati (it means mau ga mau harus ikut). Kompetisi ini penting bagi saya , ini merupakan salah satu milestone untuk menjadi penulis. Apabila memenangkan kompetisi ini saya akan lebih percaya diri dengan target saya menulis di koran nasional 3 kali tahun ini.

Apatah dikata, waktu berlalu 3 hari terlewati namun tidak juga membuat essay itu. Apakah laporan kerja praktik menghambat? hm, yaa walau memang laporan belum selesai tapi ini bukan alasan utama tidak mengikutinya. Alasan utama yaitu waktu yang serasa lebih cepat dan saya belum memiliki coretan sama sekali untuk membangun kerangka berpikir pembangunan bangsa.

31 Desember 2011, hari H pengumpulan essay dan essay pun belum ada. Saya menyerah, memang target pun harus fleksibel. Target  harus bersifat fleksibel agar dapat memaafkan diri sendiri apabila tidak terlaksananya target yang dicapai sehingga target yang lain tidak terasa seperti hanya pekerjaan tanpa hati. Di hari itu, saya tak sengaja melihat timeline (linimasa) tentang proficio awards di itb fair yang deadline nya ternyata malam itu juga.

Wah, kenapa bisa lupa si ndul ? >:s

Saya baca linimasa dan situsnya, “Best Innovation Idea” tertera sebagai salah satu kategori awards yang diberikan. Teringat akan karya lama yang sudah sedikit menghilang.  Tanpa berpikir panjang, saya unduh formulir dan lengkapi persyaratan yang dibutuhkan. Panggil rekan lama untuk membangunkan proyek yang sudah terkubur ini dan bagi peran penyelesaian. Saya mengerjakan bagian I yang meliputi core teknologi, dia mengambil bagian aplikasi terhadap masyarakat. Bersama bekerja dengan perantara sambungan internet modem GSM.

Pikiran terfokus, kata kata tertuliskan, sumber dan opini menyatu membentuk 5 halaman ide cerdas tepat pada saat semua orang sedang sibuk membeli petasan bersama pasangannya. Malam tahun baru.

Pada saat orang bertanya, “Apa yang kamu lakukan saat malam tahun baru?”

Bikin Laporan ! –straigh answer from us

Pukul 00.00 . akhirnya laporan ide beres dan semua dikirim ke panitia tepat pada waktunya. Buru-buru keluar rumah menyaksikan semburan kembang api. “Kembang api ini ga jauh beda kaya tembakan perang dunia ya”, celetuk di hati. Saya bertiga (saya, kakak dan adik) melihat bersama petasan yang meluncur ke atas stiap bangunan. Karena rumah kami memang berada di daerah tinggi kota Cimahi sehingga jelas sekali petasan berada di lapisan sedikit lebih atas dari atap rumah. Teringat pemandangan ini saat berada di pesawa melihat dari atas.

Muncul harapan, semoga ide yang telah dibuat di akhir tahun lalu berbuah manfaat. Dan hari ini pun tiba. Entah apakah Tuhan mengiyakan doa saya atau ini merupakan ujian kembali bagi saya. Pada awal tahun 2012, pengumuman PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) keluar. PKM ini  kegiatan yang sudah saya jelaskan di posting seblumnya, kami berusaha 1minggu untuk membuat proposal usaha.

Allhamdulillah “Meremoro, Desain Kemasan Asik untuk Pangan Tradisional”, Achmad R. Wasil menjadi nama pertama yang muncul pada lembaran kelolosan program PKM 2011. Selain itu “Apal! Guidance Tools”, Achmad R. Wasil masuk dalam nominasi Best Innovation Idea Profico Awards. Terimakasih ya Rabb, Engkau selalu menguji hambamu yang hina ini🙂

Leave a Reply

