Bagaimana memanfaatkan diri?


Salah satu yang membuat kita lebih hidup adalah bermanfaat kepada orang lain. Mungkin banyak yang bisa kita lakukan untuk lebih bermanfaat dalam hidup ini, setiap pribadi pun memilik bentuknya masing masing untuk mengaktualisasikan dirinya. Ada yang berusaha melakukan kegiatan sosial, membantu sekitar dalam pembangunan desanya, ada yang berusaha lebih baik dengan mengasah dirinya dengan belajar mendalami keilmuannya sehingga kemudian dapat membangun bangsa, ada juga yang sedikit membantu keluarga dengan bekerja paruh waktu, dan ada pula yang berusaha mengajar ke lingkungan sekitar.

Saya sendiri memilih beberapa kegiatan, salah satunya mengajar anak-anak lingkungan sekitar. Sebenarnya banyak sekali yang saya ingin share ke anak-anak dari mulai pengetahuan eksak, geografi, sejarah, bisnis, desain namun waktu yang kurang mendukung dan posisi yang kurang tepat sehingga pengajaran difokuskan ke pembalajaran agama.

Dengan mengajar, anak-anak ini paling tidak menjadi lebih tahu akan hakikat kebenaran dan yang paling saya suka, dengan adanya forum belajar, aktifitas tukar pendapat, silang tanya jawab ini yang menjadikan pikiran terbuka dan proses membentuk kecerdasan. Disini otak kita dipaksa untuk mengkerutkan sarafnya kembali. Mengapa agama? Saya sama sekali tidak men-judge bahwa saya adalah orang yang alim taat beragama, tapi ini karena saya sendiri berpikir saya bisa menambah wawasan dan ketebalan ilmu saya. Saya banyak dosa bahkan setiap hari saya melakukan maksiat yang berulang namun ini salah satu usaha untuk menghambatnya.

Bukankah hati kita sedikit terenyuh saat melihat anak anak ini ?

Banyak sekali bentuk mengaktualisasikan diri, dengan tidak mengurangi kualitas satu dengan lainnya silakan teman teman bisa memilih kegiatan mana yang teman teman lebih sukai dan lebih cocok dengan kepribadian teman teman. Karena pad adasarnya tujuannya adalah satu yaitu sebanyak banyaknya bermanfaat bagi lingkungan kita.
Yang perlu diperhatikan adalah seberapa konsisten kita terhadap amanah dan kegiatan yang sudah kita pilih. Semoga kita terus dikuatkan  :)

Leave a Reply

