IGS Ultra Rapid, Rapid, Final Orbit


Prediksi IGS Ultra rapid berdasarkan dari data 25 sampai 40 jaringan stasiun. Dengan 2 kali sehari pembaruan data (di internet setiap selang 3 jam). Mempunyai Ephemeris 24 jam ERD kurang dari 10 cm dan kesalahan prediksi selama 2 jam kurang dari 20 cm.

IGS Ultra Rapid termasuk pesan NAV yang sesuai dengan data kesalahan  dalam bentuk SP-3 format secara dual presisi, dan bila menunjukkan kesalahan maka tidak akan menunjukkan tanda orbit.

Grafik di samping dan di atas menunjukkan tingkat prediksi k esalahan dari IGS Ultra Rapid.

beberapa kelebihan yang didapatkan bila IGS Ultra Rapid digunakan secara bersamaan dengan GPS generasi 3 (yang memiliki L1, L2, dan L5) adalah,

  • Kalibrasi kesalahan waktu ( < 1 ns dengan pengolahan data yang baik )
  • Pengkoreksian kesalahan ynag disebabkan Ionosfer menggunakan Model Broadcast  ( << 1 ns, Pengukuran Dual or Three Frequency)
  • Pengkoreksian GPS Broadcast Clock ( < 1 ns, AOD rendah)
  • Pengkoreksian GPS Broadcast Orbit ( < 1 ns, AOD rendah)
  • Koreksi kesalahan jumlah pesan navigasi GPS  ( < 0.1 ns )
  • Mampu mengurangi kesalahan multipath  ( << 1 – ns, dengan sedikit bantuan antena serta penerima sinyal yang baik )
  • Dapat mengurangi kesalahan estimasi dari pengukuran yang disebabkan oleh Troposfer.  ( < 1 ns)
  • Mampu mengkoreksi efek kesalahan yang ada di bumi akibat posisi pengguna atau receiver GPS.  ( < 0.1 ns,  menggunakan Earth Tide Models)
  • Multi-channel Receiver Noise ( << 1 ns )

 

Gambar dibawah ini adalah posisi stasiun IGS di dunia

Stasiun IGS Dunia

Untuk menghasilkan high quality GPS orbits dengan tingkat kesalahan yang rendah maka digunakan sistem ynag diproduksi  tahun 1999 saat IGS Workshop di  La Jolla, CA, yang salah satunya dinamalan Ultra Rapid orbits (Gendt, et al. 1999). Namanya mengindikasikan orbit satelit menghasilkan data sehingga dapat diprediksi orbit satelit GPS tersebut, sehingga data yang didaptlan tidak hanya informasi orbit, tetapi juga estimasi bias waktu (yang biasanya mempengaruhi presisi  data).

Dengan menggunakan 4 pusat analisis IGS, data orbit menggunaakan format sp3 yang terdiri dari 48 jam posisi orbit dan bias waktu termasuk data IGS standar selama 24 jam. Prediksi dari Ultra Rapid mampu mereduksi perbedaan waktu dibandingkan dengan rapid (bila dalam keadaan real time).  Ultra-Rapid orbit dikalkulasikan dalam sehari 2 kali. Pertama sebelum  03:00 UTC, kemudioan sebelum 15:00 UTC.

Gambar disamping merupakan perbedaan kesalahan secara kombinasi dari Rapid, Ultra Rapid, dan Final secara kombinasi.

Perbedaan Informasi yang dihasilkan,

Tabel di atas adalah perbedan Rapid, Ultra Rapid, dan Final Orbit (Data tahun 2004)

Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa  perbedaan menunjukkan Final orbit menghasilkan informasi paling baik daripada Ultra Rapid dan Rapid. Kemudian untuk akurasi serta ketelitian waktu, Final menunjukkan hasil data paling baik. Tetapi dalam menghasilkan data yang baik membutuhkan waktu yang cukup lama (ditunjukkan oleh Final orbit) yang akhirnya kurang sesuai untuk kebutuhan real time.

Jenis Akurasi Latency Update interval sampel
Ultra Rapid(ph) ~10 cm real time 4x sehari 15 menit
Ultra Rapid(oh) <5 cm 3 jam 4x sehari 15 menit
Rapid <5 cm 17 jam 1 hari 15 menit
Final <5 cm 13 hari per minggu 15 menit

Pada akhirnya setiap informasi penentuan posisi orbit memiliki kelebihan serta kekurangan, sehingga pemakai informasi harus menyesuaikan diri sesuai dengan kebutuhan dan informasi yang dibutuhkan.

DAFTAR REFERENSI

5 thoughts on “IGS Ultra Rapid, Rapid, Final Orbit

    • IGS itu sendiri merupakan stasiun pengamatan posisi yang berada di bumi yang berfungsi untuk memantau perubahan posisi kerangka bumi secara detil. Ultra Rapid maksudnya dilakukan secara kontinu dan intensitas tinggi sehingga IGS Ultra Rapid merupakan stasiun pengamatan posisi di bumi yang memantau secara kontinu perubahan posisi kerangka bumi.
      Semoga membantu🙂 cmiww

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s