“saya bingung dengan kalian “


Setelah lelah dengan rentetan ujian di pekan ujian nasional geodesi *ea* allhamdulillah tugas dan laporan pun mulai bermunculan serentak seperti sediakala kembali. Sebenarnya tidak penuh selesai uts kami minggu ini, tadi saja dosen Kerangka Dasar Geodetik, Bu Dina, masuk kelas dan langsung mengatakan , ” Saya bingung dengan kalian.”
Yap ! statement pembuka yang tepat.. tepat sekali .. tepat untuk memberitahukan kabar gembira kepada kami yang pasti tidak lulus mata kuliah itu semua -.-‘ . “Hampir semua yang sudah saya periksa… tidak ada yang di atas 50.  Ko bisa sih, ini kan materi hanya mengulang … %#$!*#0*627%^(~” … dan seterusnya bu Dina menyampaikan kekecewaannya. Akhir pembicaraan diambil kesepekatan sepihak oleh beliau untuk mengerjakan ulang soal UTS ini dalam waktu 3 jam dari sekarang, hal pertama yang langsung terpikirkan adalah ; Makjang… awa belum tau lagi koreksi dari yang kemaren x.x

dan dikerjakan …
dan buruburu …
dan dikumpulkan …
dan telat lagi …
dan menugas lagi …

Ngomong – ngomong dari tugas, pendapat saya dalam menghadapi sebuan tugas yang bertambah banyak dan tak pernah berhenti  adalah Berpikir Beda, Out of The Box.
Jangan jadikan suatu alasan tugas dan laporan akademik menjadi penghalang kita berkreasi, jangan jadikan TP praktikum dan makalah paper menjadi alasan kita untuk tidak bersosialisasi, berorganisasi atau pun untuk menyempatkan diri bermain. Kita mencoba untuk sedikit berpikir berbeda, berpikir dari sudut pandang lain. Tugas akademik, toh memang sudah kodratnya untuk selalu ada dan dalam jumlah banyak karena memang fungsinya tugas itu sendiri agar mahasiswa yang mengerjakannya dapat mengulang kembali materi sehingga lebih mengerti bahasan yang sedang dikaji. Nah, satu sisi sudah baik, akademik kita ditunjang tugas yang selalu update mengenai apa yang kita pelajari tinggal satu sisi lagi, yaitu non-akademik.

Non-akademik bisa bermacam-macam bentuknya, saya hanya cerita yang saya alami saja ya, mungkin bentuknya kepanitiaan acara, badan pengurus organisasi, tugas pembentukan forsil bulanan, rekap perkembangan SDM asisten atau sekedar main untuk refreshing. Biasanya saya membagi semua itu per waktu. Kalau tadi akademik selalu diupdate melalui tugas, non-akademik ini kita update melalui pertemuan. Pertemuan semacam ; rapat, briefing, sosialisasi, audiensi, rapat progress, diskusi bareng, dan sajabana.

Okei, sekarang kita rangkum, jadi tugas setelah UTS ini meliputi dua cabang; akademik dan non-akademik. Bersiap untuk melakukannya. Jangan pernah sungkan untuk share pengalaman dan permasalahan kita dengan orang lain, teman seperjuangan, sahabat, maupun yang lainnya. Selalu ikhtiar dan semangat😀

One thought on ““saya bingung dengan kalian “

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s