bisakah kau … ?


Membaca beberapa buku tentang psikologi seseornag akhirnya sedikit mengetahui, bahwa manusia membutuhkan rasa ingin dilindungi yang cukup besar. Manusia adalah mahluk sosial. Sebagai mahluk sosial manusia membutuhkan manusia-manusia di sekitarnya untuk bertahan hidup. Dengan adanya kebutuhan tersebut, timbullah suatu interaksi antara saru manusia dengan manusia lainnya. Muncullah Interaksi Sosial.

Darimana timbulnya psikologi?
psikologi muncul karena adanya interaksi sosial tersebut. dengan kita berinteraksi kita memberikan suatu informasi, baik berupa nilai, citra maupun rasa. Dalam berinteraksi manusia menggunakan sebuah alat, yaitu komunikasi. Komunikasi menjembatani hasrat kebutuhan manusia dengan manusia lainnya. Komunikasi yang baik akan membuahkan arahan  interaksi yang baik dan akhirnya kebutuhan nya pun terpenuhi.

Rasa, adalah salah satu faktor penting dalam interaksi. Manusia sendiri mempunyai indera perasa yang berguna untuk merasakan, tidak hanya rasa makanan namun rasa yang dirasakan oleh batin. Menurut penelitian, rasa oleh batin ini yang lebih memiliki kapasitas besar dalam membangun emosi manusia.
Manusia  membutuhkan rasa bahagia,  aman , nyaman.

Kira-kira itu yang saya dapat dari bacaan itu. Sekali lagi, apabila dikaitkan dengan kehidupan saya, hal apakah yang dapat kita aplikasikan kawan. Ya, benar dalam berinteraksi baik dengan teman, sahabat, atau siapa pun yang disayangi dan dicintai kita membutuhkan rasa. Pengungkapan rasa tersebut dapat bermacam-macam, ada yang lebih senang mengungkapkan rasa yang dimilikinya dengan sifat nya, atau dengan  tindakan nya atau bahkan langusng mengungkapkan kata-kata nya secara terus terang.
Sebagai contoh sering sekali seorang kerabat mengatakan say (red: sayang) kepada sahabat-sahabat lainnya walaupun itu beda jenis, disisi lain ada kerabat yang tidak biasa menggunakan kata say (red: sayang) dalam memanggil atau berbicara dengan sahabat yang lain, karena dianggap ‘sayang’ adalah kata sakral khusus bagi seseorang yang dinantinya.

Care, do you

Saya sendiri menganggap ‘rasa’ adalah suatu gejala emosi yang normal akibat adanya interaksi sosial manusia itu sendiri. bagaimana dengan rasa spesial itu sendiri ?
ya..mungkin kita bahas di lain waktu *belum tepat mood nya* , yang pasti saya pernah mendengar lirik ini

bisakah kau membuatku tersenyum di saat ku jenuh
bisakah kau membuatku terbangun di saat ku terjatuh

yap, mungkin kamu juga pernah atau sering mendengarnya. Saya setuju, manusia spesial buatku  pasti mengetahui jawabannya.

2 thoughts on “bisakah kau … ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s