masalah atau .. ?


Jalan dan terus berjalan.

Suasana kampus tetap berjalan sebagaimana mestinya. terlihat begitu sibuk hiruk pikuk orang lalu lalang di samping kanan dan kiri saya, mungkin karena hari ini hari persiapan yang sibuk, ya besok tanggal  101010, Pasar Seni ITB. Semua mahasiswa seakan terbawa dengan kuatnya insiden berperiode ini. Pasar Seni ITB  sebuah pentas karya indonesia dari berbagai macam budaya dan keunikkannya masing-masing. Wajar acara ini sangat dinanti-nanti semua orang, pemajangan setiap karya seni dari berbagai penjuru indonesia dirangkum dalam sebuah galeri akbar yang bergerak membuat suatu cerita. unik! fantastis! ini adalah acara besar, 4 tahun hanya sekali.

Duduk di tenda biru, bersama laptop hasil paksaan, ya tidak wajar tapi saya berusaha menikmati saat-saat seperti ini karena saat luang seperti ini jarang terjadi belakangan ini.

Oh, ternyata bukan hanya mahasiswa sosial yang sibuk berkegiatan hari ini, mahasiswa teknis pun iya. Saya tau penyebabnya *tring*, Minggu depan UTS ! sibuk sekali mba yang di depan sya ini membolakbalik kertas fotokopiannya, dan teman disampingnya serius mencoretcoret buku bantal sambil selalu menggaruk kepalanya.. saya rasa setiap 11 detik, ya saya  menghitungya persis 11 detik.

Lah, bagaimna dengan saya sendiri ?

sepertinya kesibukkan selalu senang berada disamping saya, entah mengapa dia tidak pernah slip walau hanya sekilas. Minggu depan benarbenar minggu U-T-S bagi geodesi. Di geodesi, tidak ada bedanya dengan di sma dulu, ujian blok. Ujian blok dilakukan per pekan dan dalam 1 pekan setiap pelajaran pada jadwalnya mengadakan ujian. Minggu depan saya melakukan semua UTS. Fuih.. minggu yang pelik.

Terbesat sekilas saat mengeluarkan kata pelik suatu petuah dari aa Gym saat solat jumat kemarin ;

seberapa besar sih ujian yang kita akan lakukan ?
sebesar apa ? …

sebesar apapun ujian yang akan dilewati hidup terus berjalan. toh dalam masa hidup kita, kita sudah melewati berbaagai kesulitan dan cobaan yang paling berat sekali pun hidup terus jalan seperti biasanya.
jadi apa yang harus ditakutkan saudaraku …

bukan masalah yang menjadikan kita jatuh saudaraku, tapi cara menyelesaikan masalah itu yang membuat kita terjatuh.

Superr sekali buuung aa ini.. *yaiyalah dai nasional gitu* . sedikit linglung pikiran saya saat solat jumat kemarin. dikarenakan pandangan yang sedikit suram dan didukung dengan kacamata yang tertinggal di jaket pada mulanya saya belum tau bahwa yang berkhutbah adalah aa Gym. dan sampai pada waktunya …ko kaya suara aa gym ya. zonk x.x

Apabila kita pikir kembali sejenak, benar apa yang dikatakan aa gym. banyak dari kita *atau ngga saya lah* merasa pusing, bingung, penat, stress karena masalah yang kita hadapi tetapi sebenarnya bukan masalah itu penyebabnya melainkan cara kita saja yang membuatnya lebih pelik. suatu yang sulit dianggap lebih sulit dan yang sebenarnya mudah dianggap tidak lebih  mudah.

apa kesimpulan yang dapat diambil sil ?

Pecahkan masalah dengan cara berpikir yang sederhana. Mulai dari akar permasalahan utama bergerak ke cabang-cabang persoalan cari solusi per cabang soal. integrasikan semua solusi.

Semoga dapat membantu untuk minggu perjuangan ke depan. amin🙂

Leave a Reply

