Perang antara Gajah dan Manusia


Sabtu, 17 Januari 2009

gajah memliki perasaan juga

gajah memliki perasaan juga

Sekawanan gajah lapar yang terdiri dari 150-an ekor mengamuk di pedesaan kawasan timur laut India. Satu keluarga muda tewas terinjak-injak ketika sedang tidur di permukimannya.

Kawanan satwa berbadan besar itu juga meruska empat rumah, pernyataan seorang penduduk Karbi Anglong Negara Bagian Assam, Rimi Marak,

Kawanan (gajah) itu sangat sangat banyak. Kami tidak bisa berbuat apa-apa,

katanya.

Kawanan gajah itu keluar dari hutan-sekitar-desa dua pekan lalu untuk mencari makanan. Demikian dikatakan petugas Kehutanan, MK Dhar. Marahnya kawanan gajah tersebut bukan tanpa alasan. Ini adalah bagian perang GAJAH vs MANUSIA, gajah melakukan isnsting yang sama dengan hewan yang lainnya bila terdesak. Merka marah apabila merka diganggu dan kehidupannya dirusak.

Sama halnya seperti manusia, gajah pun mahluk hidup. Pabila desa kita dibabas oleh Satpol PP pasti kita merasa marah, baru sedikit gangguan, misalnya digusurnya pedagang kaki lima di jalanan, kita sudah merasa marah. Gajah pun demikian, permukiman merka diusik, dibrondol habis oleh sekelompok manusia untuk dijadikan lahan perkebunan dan permukiman manusia.

Korban yang meninggal sekarang belum seberapa apabila dibandingkan korban kebusukan manusia terhadap komunitas satwa hutan khusuanya gajah. Menurut Dhar, kawasan hutan itu diperkirakan masih menampung 5.000- an gajah liar. Persoalannya habitat untuk kawsan gajah itumakin terdesak oleh pembangunan. Akibatnya, kata para scientist, dalam 17 tahun terakhir kawanan gajah berkali-kali mengamuk dan menewaskan 700 orang.

Data statistik yang ada menyebutkan antara tahun 1996-2000 telah terjadi peruskan hutan alam sebesar 280.000 hektar di Negara Bagian Assam saja. Pada tahun 2001, penduduk Distrik Sonitpur meracuni 19 ekor gajah hingg tewas. Hal ini dilakukan setelah kawanan gajah lapar itu mencabuti tanaman dan memporaporandakan sejumlah rtumah penduduk.

Sungguh jelas perlawanan kaum gajah terhadap manusia.

Kita yang kurang tanggap melihat perubahan yang ada. Ini merupakan suatu perlawanan kaum gajah.


Kalau kita menggembor-gemborkan masalah jihad terhadap serangan teroris begitu pula yang dilakukan 19 ekor gajah yang diracun oleh penduduk setempat.


Mereka berjuang untuk bertahan hidup. Bertahan hidup kawan. Kita tidak boleh menyalahkan gajah atas terbunuhnya warga-warga di permukimannya. Mereka mempunyai insting untuk melakukan hal tersebut, mereka tak punya nafsu yang ingin membunuh manusia. Permukiman mereka diganggu, dibakar habis, tanah kelahiran mereka ludas ditelan kerakusan manusia. Memori masa kecil anak-anak gajah atas kehijuan permukiman mereka musnah. Apbila di kehidupan ini ada Hak Asasi Manusia (HAM) di kehidupan gajah adanya Hak Asasi Gajah (HAG).

Bukan untuk menyesalkan segala perlakuan kita selam a ini, tetapi evaluasi adalah hal yang terpenting yang dapat dilakukan. Dimanapun perang adalah hal yang tidak diinginkan terjadi, baik melawan manusia maupun satwa. Berantas habis pembalakan liar karena itulah penyebab utama gajah melampiaskan kemarahannya. Hargailah perasaaan sesama mahluk Allah SWT. Mereka merasa sebagaimana kita.

Pesan dari Republik Gajah terhadap kaum konflik manusia , “Cobalah untuk merasakan apa yang kami rasakan”.

Note : Artikel ini mengambil sumber dari media cetak dan digital.

Penulis adalah seorang mahasiswa yang pasti masih banyak kelemahan dalam penulisan pemikiran ini. Apabila ada saran dan kritikan membangun diharapkan dengan sangat menulis comment dibawah dan

Anda telah menyumbangkan sebuah pemikiran demi kemajuan mahasiswa dan negara.

2 thoughts on “Perang antara Gajah dan Manusia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s